Beranda Artikel Lahirnya 2 Anak Badak TNUK sebagai Pengganti Samson yang Mati Tempo Hari

Lahirnya 2 Anak Badak TNUK sebagai Pengganti Samson yang Mati Tempo Hari

48
0
BERBAGI

KABARPANDEGLANG.COM – Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Mamat Rahmat memberikan pembaruan soal populasi badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) di Indonesia.

Badak Jawa bernama Samson tewas di Pantai Ujung Kulon. Alhasil, populasi badak Jawa tinggal 68 ekor.

Mamat memberikan kabar duka tewasnya badak jantan bernama Samson pada Senin (23/4). Balai Taman Nasional Ujung Kulon menemukan badak berusia 30 tahun tersebut tewas di Pantai Karang Ranjang, Banten.

Pada 2017, dalam monitoring populasi badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), terdata 67 individu. Namun, pada Februari 2018, kamera tersembunyi milik taman nasional menemukan kelahiran dua individu baru. Dikurangi kematian badak bernama Samson, saat ini hanya ada 68 badak yang tersisa di ujung Pulau Jawa tersebut.

Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Mamat Rahmat mengatakan kelahiran badak bercula satu ini dari indukan bernama Puri dengan identitas ID 013.2011 ditemukan di Blok Rorah Bogo. Sedangkan satu lagi dari indukan bernama Dewi dengan identitas ID.004.2011 ditemukan di Blok Cikeusik.

Kedua anakan ini belum diberi nama karena jenis kelaminnya belum teridentifikasi.

“Belum diberi nama. Kami masih memperdalam analisis hasil videonya. Kita perlu video posisi alat kelamin untuk menentukan nama. Setelah itu, kita usulkan ke Dirjen,” kata Mamat Pandeglang, Banten, Kamis (26/4/2018).

Badak Jawa merupakan salah satu spesies paling langka di antara spesies badak yang masih ada dan masuk ke genus yang sama dengan badak India. Kini mereka dikategorikan dalam daftar Red List Data Book yang dikeluarkan oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

Badak Jawa juga diklasifikasikan sebagai jenis satwa dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar. Dengan kematian Samson dan kelahiran yang baru terjadi, saat ini tercatat ada 68 badak Jawa di dunia dan semuanya berada di Ujung Kulon, Banten

Sumber : Detik.com, cnnindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here